Pertama

“Sini.” tutur Hafidz pelan sembari menepuk bagian kasur di sampingnya.

Maya menggeleng.

“Yaudah, nanti ada setan di situ. Di pojok, di belakang lo persis.”

“Apis jangan gitu ih.” protes Maya.

“Makanya sini, sayaaang.”

Mengalah, Maya beringsut dari sofa di pojok ruangan ke sebelah Hafidz. Hafidz mengubah posisinya, mempersilakan Maya untuk meletakkan kepala di pangkuannya.

“Kita harus ngapain ya?” tanya Maya bingung. “Lo udah nanya Mahes?”

Hafidz menggeleng.

“Ngitung amplop aja yuk. Gabut.”

“May, udahan yuk 'lo-gue'nya?” Hafidz bertanya selagi membelai rambut Almaya pelan.

“Kenapa gitu?”

“Ngga papa sih, cuma kan kita udah nikah. Kalo pake 'lo-gue' terus-terusan takutnya ntar orang ngiranya kita kumpul kebo.”

Maya terkekeh. “Asal banget dah.”

“Bercanda sih hehe, tapi mau kan?” ajak Hafidz.

“Yaaaa mau-mau aja sih, tapi udah kebiasa gitu, Pis. Kayak udah keseringan pake 'lo-gue' terus tiba-tiba pake aku-kamu, aneh ngga sih?”

“Ngga papa, gue—eh aku juga belom kebiasa. Kita belajar sama-sama aja.”

“Oke, deal.”

Berapa belas detik kemudian, kamar itu hening kembali. Keduanya ini benar-benar tidak tahu harus apa kecuali Hafidz yang sedari tadi tidak berhenti mengelus rambut Maya.

“Kamu ngga nanya Tasya emang?” Hafidz membuka pembicaraan.

“Nanya apa?”

“Waktu kelar nikahan sama Mas Bulan ngapain aja.”

“Aku ngga se-kepo itu juga sih..” kilah Maya.

“Tasya juga ngga ngasih wejangan apa-apa gitu?”

Maya menggeleng lagi. “Ngga, dia bilang istirahat aja.”

“Yaudah, mau tidur?” tukas Hafidz.

“Belom ngantuk sih.”

“Aku matiin lampunya aja ya? Biar kamu tidur. Capek kan bangun dari jam tiga subuh?”

Glek, Maya menelan ludah cemas. “Ngga usah dimatiin ngga papa.”

“Lah? Kamu kan ngga bisa tidur kalo lampunya nyala?”

“Ya-yaudah matiin aja deh. Aku nyoba tidur.” kilah Maya pasrah.

Hafidz bergegas menuju saklar dekat kamar mandi, lalu mematikan lampu utama. “Eh, gelap banget ya ternyata. Hehe.”

Entah mengapa tiba-tiba Maya berkeringat dingin, bahkan detak jantungnya semakin cepat seraya Hafidz naik ke atas kasur, berbaring di sebelahnya. Ditambah lampu yang sama sekali tidak temaram, ia memilih untuk menutup matanya.

“AAAAAH!” . . . . . . . . . . . . . . . “APIS JANGAN NINDIHIN RAMBUT GUEEEE, SAKITTTTTT. MINGGIRRRRR!!!!!”